Yuk Kenalan dengan Garam








6 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Garam sering kali dianggap sebagai penyebab berbagai penyakit. Padahal manfaat garam bagi kesehatan tubuh sangatlah baik bila tidak di konsumsi secara berlebihan, mulai dari memelihara fungsi organ tubuh hingga mencegah hipotensi. 

Rasa lezat pada makanan tidak terlepas dari penggunaan garam di dalamnya. Namun, konsumsi garam sering kali dikaitkan dengan hipertensi, stroke, dan penyakit jantung koroner. 

Meski demikian, hal ini dapat terjadi bila garam di konsumsi secara berlebihan. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang dianjurkan, beragam manfaat garam justru dapat Anda peroleh

Jumlah Asupan Garam Harian

Jumlah asupan garam per hari perlu disesuaikan dengan usia. Semakin muda usia anda, semakin sedikit asupan garam yg di butuhkan tubuh. Berikut ini adalah jumlah konsumsi garam yang direkomendasikan berdasarkan kriteria usia : 

1. Bayi usia di bawah 1 tahun: kurang dari 1 gram sehari. 

2. Anak usia 1-3 tahun: tidak lebih dari 2 gram per hari atau setara dengan 0,8 gram natrium. 

3. Anak usia 4-6 tahun: tidak lebih dari 3 gram per hari atau setara dengan 1,2 gram natrium. 

4. Anak usia 7-10 tahun: tidak lebih dari 5 gram per hari atau setara dengan 2 gram natrium. 

5. Anak usia 11 tahun ke atas dan orang dewasa: tidak lebih dari 6 gram per hari atau setara dengan 1 sendok teh. 

6. Penderita gangguan jantung: tidak lebih dari 1,5 gram per hari. 

Manfaat mengkonsumsi garam

Garam mengandung mineral yodium yang memiliki peran penting dalam menjaga organ tubuh agar berfungsi dengan baik. Beberapa manfaat garam bagi kesehatan tubuh meliputi :

1. Menjaga produksi hormon tiroid

Kekurangan yodium yang terkandung dalam garam membuat tubuh tidak dapat memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup. Kekurangan hormon tiroid bisa nenyebab kan pembesaran tiroid, konstipasi, kelelahan, hingga sulit berkonsentrasi. 

2. Mencegah tekanan darah rendah

Mengkonsumsi garam dalam jumlah yang cukup dapat mencegah tekanan darah rendah atau hipotensi. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala berupa pusing, mual, pandangan kabur, hingga pingsan. Namun, selalu ingat untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi garam setiap harinya. 

3. Memelihara keseimbangan cairan tubuh

Garam mengandung natrium yang berfungsi untuk menahan cairan dalam sel - sel tubuh. Dengan mencukupi konsumsi garam setiap harinya. Andapun akan terhindar dari kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. 

4. Meredakan gejala  cystic fibrosis

Kadar garam dan air dalam tubuh penderita cystic fibrosis akan lebih cepat hilang melalui keringat. Oleh karena itu, mereka membutuhkan lebih banyak air dan garam untuk mencegah dehidrasi. 

5. Memelihara fungsi organ tubuh

Kandungan sodium pada garam berperan dalam menjaga fungsi saraf dan otot tubuh. Hal inilah yang juga menjadi alasan mengapa garam berperan penting dalam mencegah gangguan pada saraf dan otot. 

6. Mencegah gangguan perkembangan otak

Kekurangan yodium dalam garam selama masa kehamilan bisa mengakibatkan gangguan perkembangan otak pada janin. Selain itu, kekurangan asupan garam pada bayi dan anak juga bisa membuat mereka memiliki IQ yang lebih rendah.

Manfaat garam di atas hanya akan anda peroleh bila di konsumsi secara tidak berlebihan. Konsumsi garam berlebih justru bisa mengganggu keseimbangan cairan tubuh, serta meningkatkan tekanan darah dan resiko penyakit jantung. 

Bila anda ingin tahu lebih jauh tentang manfaat garam dan jumlah asupan  garam yang sesuai kondisi tubuh dan kebutuhan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Sumber  alodokter. Com


Ini beberapa macam garam diet yang bisa kita jumpai di pasaran 









Nutrisalin adalah produk pengganti garam dapur yang bermanfaat untuk diet rendah garam seperti pada penderita hipertensi / tekanan darah tinggi dengan menggunakan nutrisalin sebagai pengganti garam dapur, maka jumlah natrium berkurang hingga 50% dan jumlah kalium dan magnesium di tingkatkan, sehingga bermanfaat bagi tubuh. 

Komposisi: 

Natrium 280mg.  Kalium 360mg. Magnesium. Lodium 40ppm




























Telor rebus asin

Bahan rendaman

Kecap asin  75 ml

Air  100  ml

1 sdm gula

Bawang prey iris tipis

Bawang putih cincang harus

6 btr telor 

Cara membuat :

Rebus telur. 

Buat rendaman. Campurkan semua bahan rendaman lalu masukkan telur rebus rendam selama paling cepat 4 jam paling lama 24 jam di dalam kulkas. 

Masa perendaman sesuai selera makin lama masa perendaman makin terasa asin telur nya









Komentar

  1. Saya pernah pake lososa kak. Harganya juga lebih terjangkau dibanding merk lain sih. Dan yang pasti pemakaian garam di rumah saya InsyaAllah awet.

    BalasHapus
  2. Sama nih kayak icha pemakaian garam di rumah awet karena dipakai sewajarnya aja, garam lososa sama nusalt ini bisa jadi alternatif garam yg sehat ya kak

    BalasHapus
  3. Ternyata tiap usia punya kebutuhan yang berbeda ya. Baru dengar saya garam lososa & nusalt ini, kepingin buat pakai di rumah biar lebih sehat gitu

    BalasHapus
  4. Boleh nih ntar hunting garam Holistic Diamond buat jaga asupan garam anggota keluarga semua ya,, jadi gak kelebihan dan kekurangan garam.

    BalasHapus
  5. masih pake garam dapur nih kak, dulu setahunan pernah pakai him salt tapi over budget banget huhu, akhirnya balik lagi ke garam dapur. Trus yg perlu diwaspadai juga jajanan anak kayak keripik keripik itu tinggi juga garamnya huhu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lebih baik mencegah dari pada mengobati

Diet

Ice cream