Langsung ke konten utama

Merintis

Apa yg terbayang di benak kita kalau mendengar kata tawaran kesempatan peluang usaha yg terbayang di fikiran saya 1. Ini kesemparan, peluang, ini rezeki.  2. Terfikir juga gimana kalau gagal, atau rugi.  Beberapa hari yg lalu ada tawaran datang ke saya, mau nggak  mengelola sebuah galeri, saya ragu bisa kah saya mengelola sebuah galeri?.  Tapi beberapa saat kemudian saya ingat gimana mau tau bisa apa nggak kalau saya tidak mencoba nya.   Beberapa teman sesama umkm saya ajak ikut serta dalam mengisi galeri ini, pertama semangat semua mau pada gisi. Tapi belakangan semua mundur setelah kita blak2an bahwa kita butuh modal. modal untuk beli rak dan modal untuk membayar spg.  Ada satu teman bilang  kak dina kita aja yg mengeluarkan modal  untuk rak, jadi teman2 hanya mengeluarkan modal untuk patungan spg, akhir nya terkumpul juga yg berminat untuk mengisi galeri.  Teman saya ini menjadi memotivasi saya untuk menjalankan terus galeri ini, setiap ada yg komen saya selalu memberi tahu ke dia,

Saraf kejepit

 Jangan anggap sepele saraf kejepit, segera atasi sebelom terlambat. 

Apa itu penyakit saraf terjepit???? 

Saraf terjepit atau HNP ( hermina nucleus pulposus) dan juga di sebut radikulopati, terjadi ketika jaringan di sekitar saraf, seperti tulang, otot, tendon, dan tulang rawan, memberikan terlalu banyak tekanan pada suatu area saraf. Tekanan tidak wajar ini akan mengganggu fungsi normal saraf. 

Ciri-cirinya saraf terjepit. 

Ciri ciri saraf terjepit dapat bervariasi, tergantung pada posisi dan ukuran terjadinya herniasi saraf terjepit secara umum. 

Gejala saraf terjepit atau HP yang paling sering terjadi adalah nyeri. Kasus HP yang ringan sering tidak menimbulkan gejala, tapi dapat juga muncul gejala nyeri yang hebat.

Beberapa gejala saraf terjepit yang sering di keluhkan antara lain

1. Nyeri

2. Seperti di tusuk tusuk jarum

3. Sensasi terbakar

4. Penjalaran nyeri

5. Kesemutan

6. Berkurangnya sensasi atau mati rasa di area yang terkena 

7. Kelemahan

Ada beberapa faktor penyebab saraf terjepit atau HNP ini. 

1. Fakator usia semakin bertambah usia, diskusi vertabra ( penghubung antara tulang) menjadi tidak fleksibel dan mudah robek

2. Faktor genetika. 

3. Cidera pada tulang belakang

4. Sering melakukan aktivitas yang memberatkan tulang belakang, misal mengangkat beban berat. 

5. Berat badan berlebih, hal ini menyebabkan beban tulang belekang bertambah. 

Saraf terjepit atau HNP dapat di deteksi melalui wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. 

Pemeriksaan fisik yang adalah menilai refleks, kekuatan otot ( motorik), kemampuan berjalan, dan fungsi sensorik. 

Untuk menunjang diagnosis, dokter biasanya akan menyarankan pemeriksaan radiologi, berupa

1. Sinar X

2. CT Scan

3. MRI (magnetic resonance myelogram) 

4. Centiloss morici de nature

*sumber kliksembuh.

Cerita saya

Saya pernah mengalami saraf kejepit beberapa tahun yang lalu, sakit nya luar biasa dari duduk ke berdiri atau sebalik nya saya berobat ke RS setia budi. Disana saya di foto ronsen, hasilnya ada saraf terjepit di pinggang. Kalau penanganan dari dokter operasi tulang belakang perkiraan biaya 80 jt. Pada saat itu saya dan mama Minta ke dokter fikir2 tapi selama fikir2 kita minta surat pengantar untuk terapi, sampai di tempat terapi, terapis bilang obat nya berenang dan terapis tidak menyarankan untuk operasi, lalu saya melakukan terapi 2x seminggu dan berenang 3 x seminggu pada hari yg berbeda, terus dapat saran lagi dari teman bahwa terapi kurang bagus  ke tulang, karena lampu infra merah itu bisa membuat tulang rapuh, jadi saya mengganti terapi itu dengar urut 2 x seminggu, alhamdulillah akhirnya sembuh

Sekarang setelah sekian tahun berlalu saya sangat mengucapkan syukur, alhamdulillah saya tidak menjalani operasi tersebut


Yuk kita makan sehat


Spaghetti diet 368 kalori

Bahan :

2 siung bawang putih ( di cincang) 

4 bh cabe rawit (iris2) 

Brokoli  50 gr (di rebus) 

Spaghetti 50 gr ( di rebus) 

Minyak wijen 1 sdt

Udang 60 gr

Saos sitiram 1 sdm

Saos cabe 1

Oregano secukupnya

Garam dan lada dan kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat :

Tumis mintak wijen dan udang setengah matang + bawang putih cincang setelah matang + sekit air lalu + saos tiram + saos cabe + garam + lada + kaldu bubuk + spaghetti dan irisan cabe + oregano 

Tata dalam piring seperti gambar

By dapur calorie


    

Komentar

  1. Saraf terjepit ni sering dengarnya dialami oleh orang-orang di sekitar saia. Cuman kebanyakan, ngobatinnya memang kayak yang kakak buat. ngobatin sendiri dengan latihan dan terapi, dibandingkan dengan operasi. Rutin jalan kaki kayaknya bisa jadi salah satu alternatif untuk mencegahnya ya (resep dari bang Move 2023). Yuk jalan kaki 8000 langkah perhari.

    BalasHapus
  2. Ternyata bener ya kak, obatnya berenang. Saya pernah juga dikasih tau bapak kalo syaraf kejepit itu bukan operasi.
    Karena pernah ada kerabat yang datang mau operasi katanya. Bapak bilang jangan, cuma berenang aja..
    Ternyataa sunnah yang dianjurkan itu banyak banget manfaatnya ya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya berenang salah satu olahraga yang di anjurkan kan ya. Ternyata sangat bermanfaat

      Hapus
  3. Mencegah lebih baik dari mengobati.
    Kuta terapkan pola hidup sehat dengan makanan bergizi, olahraga teratur, istirahat cukup agar terhindar dari syaraf kejepit ya..

    Karena kalau ceritanya sudah harus operasi ini yang ditakuti oleh pasien syaraf kejepit

    BalasHapus
  4. Berarti saya harus merutinkan berenang, baik untuk diri sendiri juga untuk keluarga. Supaya sehat terus sampai usia lanjut.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ya kak obatnya ternyata dengan berenang dan urut. Ternyata kita harus banyaj bergerak juga ya di air biar cepat sembuhnya :)

    BalasHapus
  6. Nah khawatir juga saya soalnya masuk kriteria nomor 5 yaitu kelebihan berat badan nih walaupun belum ada keluhan tp tetap aja perlu jaga2 ya, makasih kak dina atas tipsnya.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah ada solusi lain selain operasi, ya, Kak. Masalah saraf kejepit ini mungkin terkesan mendadak, padahal bisa jadi diakibatkan kita terlalu sering melakukan ketidaknyamanan pada saraf. Misal mengangkat beban terlalu berat itu, ya, Kak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ice cream

Minum Es Krim Bisa Menaikan gula darah ?  Siapa yg tidak suka es krim? Semua orang menyukainya. Mulai dari anak - anak, orang dewasa, pria, wanita, bahkan lansia. Sensasi sejuk berbalut rasa manis dalam teksturnya yang lembut, membuat es krim sangat gampang menjadi favorit semua orang. Lalu, apakah hobi menikmati kudapan manis ini harus berhenti jika kamu terdiagnosis diabetes tipe 2 ?  Penderita diabetes, tetap dapat mengkonsumsi es krim. Hanya saja, takaran harus dibatasi agar jumlah es krim yang dikonsumsi tidak merusak pola diet diabetes. Di lansir dari medicalnewstoday.Com, hal penting yang harus menjadi perhatian utama penderita diabetes adalah bagaimana caranya agar jenis dan jumlah es krim yang di konsumsi, tidak mempengaruhi kadar gula darah.  Mengendalikan gula darah sangat penting bagi penderita diabetes, salah satunya dengan menjaga asupan karbohidrat dan gula. Ada berapa gram gula dalam satu cone es krim? Hal - hal seperti ini harus di ketahui penderita diabetes dan orang

Merintis

Apa yg terbayang di benak kita kalau mendengar kata tawaran kesempatan peluang usaha yg terbayang di fikiran saya 1. Ini kesemparan, peluang, ini rezeki.  2. Terfikir juga gimana kalau gagal, atau rugi.  Beberapa hari yg lalu ada tawaran datang ke saya, mau nggak  mengelola sebuah galeri, saya ragu bisa kah saya mengelola sebuah galeri?.  Tapi beberapa saat kemudian saya ingat gimana mau tau bisa apa nggak kalau saya tidak mencoba nya.   Beberapa teman sesama umkm saya ajak ikut serta dalam mengisi galeri ini, pertama semangat semua mau pada gisi. Tapi belakangan semua mundur setelah kita blak2an bahwa kita butuh modal. modal untuk beli rak dan modal untuk membayar spg.  Ada satu teman bilang  kak dina kita aja yg mengeluarkan modal  untuk rak, jadi teman2 hanya mengeluarkan modal untuk patungan spg, akhir nya terkumpul juga yg berminat untuk mengisi galeri.  Teman saya ini menjadi memotivasi saya untuk menjalankan terus galeri ini, setiap ada yg komen saya selalu memberi tahu ke dia,